5 Penemuan dan Perkembangan Teknologi paling TOP di tahun 2017

Posted on

1) Artifical Womb(Rahim Buatan)
Quote:

Rahim buatan ini sebenarnya belum di uji coba pada manusia. “Rahim” ini berbentuk seperti BioBag, dimana anak domba yang pada uji coba tersebut di simpan di dalamnya dan sukses “melahirkan” bayi domba tsb dengan selamat. Hal ini penting karena dengan Rahim buatan yang sama dapat membantu bayi bayi yang terlahir premature agar bisa selamat.

2). Genome editing

Quote:

Genom editing atau pengeditan gen. Basically, ini dilakukan dengan CRISPR sebuat tool untuk mengedit gen manusia. Nah di tahun 2017 ini ada 2 kasus yang menggunakan CRISPR ini, pertama Embryo yang di edit gen-nya supaya gen yang defect/cacat ini bisa hilang dan embryo bisa berkembang serta lahir normal. yang kedua adalah pernah di aplikasikan ke manusia dewasa, seperti yang dilansir dara University of Berkeley, peneliti berhasil meng-edit gen pria berumur 44 tahun untuk menangani penyakit Hunter Syndrome yang dia derita.

3). Reusable Rocket
Quote:
Yep, pasti pecinta Spacex atau fanboy Elon Musk sudah tau ini kan? Falcon 9 merupakan roket yang bisa dipakai ulang berhasil di luncurkan oleh Spacex dengan selamat sentosa dan kerennya adalah Rocket ini bisa kembali ke tempat landing sebelumnya sehabis di luncurkan, dan dengan keberhasilan ini sudah dapat di pastikan menurunkan cost untuk melakukan perjalanan ke Luar Angkasa.

4) Reinforcement Learning

Quote:

Dengan bereksperimen, komputer dapat mencari tahu bagaimana melakukan hal-hal yang tidak bisa diprogram oleh seorang programmer. Yup, creepy but exciting at the same thing, right? Reinforcement Learning juga di aplikasikan ke Alpha Go yang berhasil mengalahkan pemain Go terbaik sedunia.

5) Tabrakan 2 Neutron
Quote:

Deteksi pertama di dunia dari tabrakan dua bintang neutron yang berada nun jauh disana , menyebabkan ledakan besar yang bergejolak melalui jalinan ruang dan waktu. Ledakan yang terjadi 130 juta tahun cahaya, merupakan jenis peristiwa yang menghasilkan sebanyak setengah dari emas, platina, uranium dan merkuri alam semesta dan tertangkap oleh Gelombang Gravitas. Salah seorang astronomer Universitas Cardiff bernama Bangalore Sathyaprakash bahkan menyebutkan bahwa kejadian ini adalah “kehidupan ilmiah saya yang paling mengasyikkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *